Cara Mengatasi Stress dengan Melakukan Me Time

Stress merupakan hal yang normal bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Akan tetapi jika stress tidak ditangani dengan baik akan berdampak terhadap kesehatan fisik maupun mental. Menurut Chaplin (1992) Stress merupakan suatu keadaan tertekan baik secara fisik maupun psikologis. Menurut Kendal dan Hermmen, stress dapat terjadi pada seseorang ketika terdapat ketidakseimbangan antara situasi yang menuntut perasaan individu atas kemampuannya. Situasi yang menuntut tersebut dapat diartikan sebagai beban atau sesuatu hal yang melebihi kemampuannya. Stress pun dapat terjadi karena individu merasa frustasi, konflik, tertekanan, dan krisis.

popmagazine.website

Faktor-faktor penyebab terjadinya stress:

    1. Faktor Lingkungan
        Faktor lingkungan dapat menyebabkan stress karena lingkungan sangat berperan dalam suasana kehidupan. Hal ini karena terlalu banyaknya gesekkan serta menurunnya rasa kepercayaan dari lingkungan sekitar yang dapat membuat hidup kita merasa terancam. 

    2. Faktor Pribadi 
        Faktor pribadi terjadi karena adanya masalah dalam diri individu itu sendiri. Misalnya seperti masalah keluarga, masalah ekonomi, dan kepribadian ataupun karakter yang melekat dalam diri seseorang.

Stress dapat diatasi dengan cara me time. Me time adalah suatu kegiatan yang biasanya dilakukan sendirian yang bertujuan untuk meluangan waktu dan menenangkan pikiran dari berbagai tekanan. Me time dilakukan untuk mengistirahatkan diri sendiri setelah sibuk beraktivitas. Dengan melakukan me time bukan berarti kesepian atau tidak memiliki teman, akan tetapi dengan melakukan me time memiliki dampak positif bagi kesehatan mental. Selain itu dengan melakukan me time dapat meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan. Efek dari me time bukan hanya untuk diri sendiri akan tetapi bagi orang sekitar kita juga. 

rudicahyo.com

Dengan melakukan me time tentu saja memiliki segudang manfaat bagi kesehatan mental kita sendiri tentunya, Seperti :
1. Mengurangi Stress
2. Menjadi Otak Lebih Produktif
3. Meningkatkan Kosentrasi dan Kemampuan Memecahkan Masalah
4. Mendapatkan Ide Baru
5. Memberikan Waktu Untuk Menyembuhkan Luka
6. Meningkatkan Kualitas Hubungan
7. Keseimbangan Hidup Yang lebih Baik
8. Waktu Lebih Banyak Untuk Keluarga
9. Mudah Untuk Meregulas Emosi

Berikut merupakan contoh kegiatan untuk mengatasi stress dengan melakukan me time:

1. Meditasi
Meditasi adalah suatu kegiatan yang melibatkan fokus perhatian dan kesadaran untuk mencapai ketenangan, konsentrasi, dan keadaan pikiran yang tenang. 

2. Berkebun
Dengan menghabiskan waktu dirumah untuk merawat tanaman dapat menenangkan diri lohh. Kegiatan seperti menyiram, memangkas, menanam, atau hanya sekedar mengamati pertumbuhan tanaman pun bisa menjadi ide me time.

4. Melakukan Wisata Alam
Bagi kalian yang senang menghabisakan waktu dialam kegiatan ini bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Menikmati kesegaran udara diperbukitan, hanya berjalan-jalan ditaman kota yang sejuk, atau kalianpun dapat melakukan piknik ditaman. 

5. Melakukan Hobi
Biasanya dengan melakukan kegiatan yang kita sukai adalah cara yang paling efektif untuk menenangkan diri. 

6. Olahraga
Dengan melakukan olahraga bukan hanya memiliki manfaat untuk kesehatan mental saja, akan tetapi baik untuk kesehatan fisik kita. Contohnya seperti melakukan berlari, bersepeda, berenang, ataupun yoga yang dapat merilekskan pikiran. 

7. Menonton Film
Bagi beberapa orang hal yang paling mudah dilakukan saat me time yaitu menonton film. Dengan menonton film yang kita sukai dapat mengembalikan energi dan suasana hati.

8. Membaca Buku
Membaca buku mungkin hal yang membosankan, akan tetapi kegiatan ini paling efektif untuk melakukan me time lohh. Dengan membaca buku dapat meningkatkan tingkat konsentrasi kita.

Dengan melakukan me time anda dapat mengatasi stress dengan cara mengurangi tekanan, meningkatkan mood, dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Me time pun dapat membantu mengembalikan energi, mengembalikan perasaan positif, dan meningkatkan keseimbangan fisik dan mental. Oleh karena itu ayo luangkan sedikit waktumu untuk melakukan me time! 

Revita, Tiffany. 2022. Me Time: Pengertian, Manfaat dan Contoh Kegiatannya. dailysocial.id.
Purwanti, S.Z. 2022. Stress dan Penyebabnya. yankes. kemkes.go.id. 
Redaksi Dokter Sehat. 2022. Pentingnya Me Time untuk Keseimbangan Hidup dan Kesehatan. doktersehat.com

Comments