QUEEN OF TEARS: MENCONTOHKAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Drama Korea (Drakor) bagi sebagian orang hanya dianggap sebuah hiburan semata yang tidak memiliki makna dalam segi pendidikan. Akan tetapi tanpa disadari, banyak sekali Drakor yang secara tidak langsung mengandung makna pembelajaran bagi penontonnya. Contohnya dalam “Queen of Tears” drama ini sedang viral dibeberapa kalangan remaja yang diperankan oleh Kim Ji Won dan Kim Soo Hyun yang tentunya sudah tidak asing bagi para penggemar Kdrama. Drama ini menceritakan karakter utamanya yaitu Hong Hae in dan Baek Hyun Woo memiliki kisah percintaan  pernikahan yang berusaha untuk bertahan dari krisis dan melawan segala rintangan bersama. 

Perlu kalian ketahui, drama Queen of Tears memiliki konflik yang dapat dijelaskan menurut sudut pandang Ilmu Komunikasi, seperti kurangnya komunikasi yang efektif. Hal ini bersangkut paut dengan Komunikasi Interpersonal. Sebab permasalahan yang timbul antara Hong Hae In dengan Baek Hyun Woo terjadi karena kurangnya saling mendengarkan secara aktif, komunikasi nonverbal yang tidak efektif, kurangnya rasa empati, dan sulit untuk berkompromi. 


buzzsetter.com

Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara bertatap muka, dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapi secara langsung (Cangara. 2010). 
Menurut Deddy Mulyana (2000:73) Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang yang bertatap muka, memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi setiap orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal (Anggraini Citra dkk., 2022).


Karakteristik Komunikasi Interpersonal selalu berjalan secara dua arah karena melibatkan timbal balik dari komunikan kepada komunikator. Sehingga komunikator tahu bahwa pesan yang telah dikirimkan diterima secara akurat (Afrilia M.A, Arifina. 2020). Komunikasi Interpersonal memiliki tujuan yaitu untuk mendengarkan secara aktif, memahami isyarat non-verbal, memahami dan merasakan perasaan orang lain, dan berkompromi dalam sebuah hubungan. 


Dalam drama Queen of Tears, Hong Hae In dan juga Baek Hyun Woo sering sekali tidak saling mendengarkan secara aktif antara sesama. Padahal hal ini merupakan pondasi utama dalam setiap hubungan, khususnya bagi pasangan suami istri. Selain itu mereka sering sekali salah mengartikan komunikasi nonverbal, terlalu egois untuk saling memahami perasaan pasangannya, dan sulit untuk berkompromi sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah.


Dengan demikian Kdrama Queen of Tears ini sangat memberikan wawasan yang penting tentang komunikasi yang efektif agar terciptanya suatu hubungan yang harmonis dengan memperhatikan secara verbal maupun nonverbal. Sebab dengan mendengarkan lawan bicara kita dengan seksama maka komunikasi pun akan berjalan dengan baik.



Afrilia, A.M. Arifina, A.S. 2020. Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. books. google. co.id.

Anggraini C., Denny H.R., Lina K., Muhammad S., Winda K. 2022. Komunikasi Interpersonal. jurnal.unived.ac.id. 

Aisyahtunnisa A.R. 2024. Queen Of Tears: Memaknai Pentingnya Komunikasi dalam Pernikahan. Geotimes.id. 

Comments